Membuat database Mysql, form register dan koneksi dengan php

oke khusus pada artike ini saya akan berbagi ilmu untuk teman-teman saya yang ada di musirawas. jika anda menemukan artikel ini sesuai dengan keyword yang anda ketik di google maka anda boleh ambil imu ini....

artikel ini aku update pelan2 yo bos

- kita buat dulu databasenya ya bos....
saya bikin 3 field saya karena hanya untuk belajar. kalau mau banyak ya silahkan kembangkan sendiri....(jangan jadi pemalas).
nama varchar (40)
status varchar (40)
password (20)


sekarang kita buka dreamwever, notepad++, atom atau yang lainnya

buat file dengan nama koneksi.php dan register.php simpai di xampp/htdocs bikin folder baru.

sekarang pilih koneksi.php. ketik yang dibawah ini dulu

<?php
class database {

 // properti
 private $dbHost="localhost";
 private $dbUser="root";
 private $dbPass="";
 private $dbName="berbagi";
password tidak ada karena saya pakai mysql dari xampp

kemudian
// method koneksi MySQL
 function connectMySQL() {
 mysql_connect($this->dbHost, $this->dbUser, $this->dbPass);
 mysql_select_db($this->dbName) or die ("Database tidak ada!");
 }

// method tambah data (insert)
 function belajar($nama, $stutus $password) {
 $query = "INSERT INTO formsaya (nama, status, password) VALUES ('$nama', '$status', md5('$password'))";
pada script diatas fungsinya untuk menambahkan data yang dikirim dari halaman form yang akan kita buat nanti ke database.
* function harus sama dengan yang ada di halaman form register. diatas saya buat belajar($nama, $stutus $password). nanti saya akan buat seperti itu juga pada halaman registernya.

* insert into fungsinya untuk memasukan data yang sudah ditampung dari halaman register ke tabel database. ngetik nama table databasenya harus sama dengan yang ada pada database kita ya.
diatas saya buat INSERT INTO formsaya (karena diawal saya membuat tabel formsaya).
*isi value harus urutan dengan yang ada di database ya boss kerena nanti bisa acak acakan kalau nggak urutan.
*kemudian pada value tersebut saya menambahkan enkripsi md5. apa itu enkripsi?(google bisa bantu anda)
$hasil = mysql_query($query);
        if ($hasil)
        echo "Data Anggota berhasil disimpan ke database";
        else
        echo "Data Anggota gagal disimpan ke database";  
    }
}
?>
sekarang kita pindah ke register.php

kita ketikan scriptnya di antara <body> </body>

<?php
// memanggil file koneksi
include 'koneksi.php';
// instance objek db
$db = new database();
// koneksi ke MySQL via method
$db->connectMySQL();
?>
fungsi diatas untuk menmanggil koneksi.php yang sudah kita buat tadi.

kemudian kita buat form registernya
<?php
// memanggil file koneksi
include 'koneksi.php';
// instance objek db
$db = new database();
// koneksi ke MySQL via method
$db->connectMySQL();
?>
<form action="" method="post">
<table>
<tr>
    <td>Nama</td>
    <td>:</td>
    <td><input type="text" name="nama" /></td>
</tr>
<tr>
    <td>status</td>
    <td>:</td>
    <td>
    <select name="status">
    <option value="artis">artis</option>
    <option value="apa aja">apa aja</option>
    </select>
<tr>
    <td>password</td>
    <td>:</td>
    <td><input type="password" name="password" /></td>
</tr>
<tr>
    <td></td><td><input type="submit" value="daftar" name="submit" />
    </td></tr>
    </table>
</form>
kemudian dibawah form tambahkan
<?php
    if($_POST['submit']){
    // tambah data pokok pinjaman via method
    $db->belajar($_POST['nama'],$_POST['status'],$_POST['password']);  
echo '<META HTTP-EQUIV="Refresh" Content="3; URL=register.php">';
}
?>
seperti yang saya bahas tadi, $db-> belajar harus sama dengan function yang dibuat pada koneksi.php. urutannya juga sama ya misalnya diatas saya buat nama dulu kemudian status dan password.

* pada echo '<META HTTP-EQUIV="Refresh" Content="3; anda bisa mengganti angka 3 pada content dengan angka lain. nanti busa anda lihat sendiri hasilnya. 3 itu adalah 3 detik.

selesai.

sekarang buka browser ketik localhost/namafolder/register.php
coba ketik nama anda status dan pssword
contoh saya membuat : nama saya | artis |password
klik daftar maka akan muncul seperti ini :
kemudian lihat data basesobat di localhost/phpmyadmin
akan terlihat data yang sudah di input
loh passwordnya kok jadi ga jelas gitu? itulah fungsi enkripsi md5 tadi. antisipasi jika suatu saat website ada yang bobol.
terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat database Mysql, form register dan koneksi dengan php"

Posting Komentar